CIAMIS,- Tingkat kepuasan publik terhadap kinerja Pemerintah Kabupaten Ciamis secara konsisten meningkat dibandingkan tahun 2022. Hal itu tercermin dari hasil Survey Kepuasan Masyarakat (SKM) tahun 2023.
SKM merupakan bentuk kerjasama antara penyelenggara pelayanan publik dengan masyarakat dalam rangka melakukan penilaian kinerja pelayanan agar penyelenggara layanan dapat meningkatkan kualitas layanannya.
Berdasarkan hasil SKM tahun 2023 dengan menggunakan e-survei melalui siskacampernik.ciamiskab.go.id., tren nilai IKM Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis mencapai nilai 88,37 dengan predikat A atau sangat baik.
Siska Campernik sendiri merupakan sistem aplikasi Ciamis peduli terhadap penilaian pelayanan publik yang bertujuan untuk survey kepuasan masyarakat secara elektronik untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap penyelenggaraan pelayanan publik di lingkungan Pemkab Ciamis.
Asisten Administrasi Umum Setda Ciamis, Drs H. Dondon Rudiana MSi
menyampaikan bahwa kunci kepuasan masyarakat terletak dari seberapa besar ketulusan dan kesungguhan pelayan pemerintah (Aparatur) terhadap masyarakat.
Hal itu, Ia sampaikan dalam acara Forum Konsultasi Publik Sekretariat Daerah Kabupaten Ciamis Tahun 2023, yang digelar pada Jum'at (24/11/2023) bertempat di Aula Setda Ciamis.
"Layani masyarakat dengan ikhlas, dengan baik dan ini sudah menjadi tugas dan kewajiban kita sebagai pelayan masyarakat yakni bagaimana apa yang dibutuhkan masyarakat bisa terpenuhi," ucapnya.
Beliau mengungkapkan bahwa terkait pelayanan masyarakat ini sering disampaikan Bupati Ciamis dalam berbagai kegiatan dan kesempatan. Sehingga hal ini menunjukan keseriusannya terhadap pelayanan publik ini.
"Kata kuncinya adalah layani masyarakat dengan sepenuh hati, kita harus memberikan keyakinan bahwa apa yang kita layani dan kita berikan betul-betul bisa bermanfaat bagi masyarakat," jelasnya.
PROKOPIM CIAMIS