Minggu, Agustus 14, 2022

Buka Seleksi Pemuda Pelopor, Wabup Ciamis: Pemuda Harus Gila Berkreativitas

Kabupaten Ciamis – Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra membuka kegiatan karantina peserta seleksi pemuda pelopor tingkat Kabupaten Ciamis di Hotel Tyara plaza Ciamis, Selasa (12/4/2022).

Kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Dinas Kebudayaan, Kepemudaan dan Olahraga (Disbudpora) Kabupaten Ciamis.

Seleksi ini diikuti sebanyak 23 peserta dari perwakilan 23 kecamatan di Kabupaten Ciamis. Adapun bidang kepeloporan pada pemilihan pemuda pelopor Kabupaten Ciamis tahun 2022 ini meliputi lima bidang. Diantaranya, pertama, bidang pendidikan. Kedua, agama dan sosial budaya. Ketiga, pengelolaan sumber daya alam lingkungan dan pariwisata. Keempat, pangan dan kelima inovasi teknologi.

Wabup Ciamis Yana D Putra dalam sambutannya mengajak para pemuda untuk gila dalam berkreatifitas. Karena menurutnya, sosok penemu teknologi di masa lalu dianggap gila dengan inovasinya, namun saat ini kita merasakan manfaat besar dari temuan inovasinya.

“Kita harus gila dalam berkreatifitas, berani mengeluarkan gagasan, out of the box dan keluar dari zona nyaman,” katanya.

Yana berharap para pemuda yang mengikuti kegiatan seleksi pemuda pelopor ini bisa memberikan dampak positif melalui inovasi yang telah dijalankannya.

“Mudah-mudahan terlepas lulus tidaknya sebagai pemuda pelopor Kabupaten Ciamis inovasinya bisa memberikan dampak positif terhadap masyarakat dan pembangunan daerah,” harapnya.

Ia mengingatkan, memasuki era globalisasi pemuda harus memiliki peran aktif dan berinovasi. Hal ini dilakukan agar pemuda hari ini tidak hanya menjadi penonton, namun pelaku dalam segala aspek kehidupan.

“Melalui kegiatan Pemuda Pelopor Kabupaten Ciamis ini para pemuda dengan inovasi yang dijalankannya semoga bisa menjadi pelaku di era globalisasi yang serba digital,” imbuhnya.

“Selamat mengikuti seleksi, saya titip untuk penilai dan tim juri agar menilai secara objektif,” pesannya.

pemuda pelopor ciamis
Wabup Ciamis Yana D Putra berfoto bersama dengan penyelenggara dan peserta seleksi Pemuda Pelopor Kabupaten Ciamis di Hotel Tyara Plaza Ciamis.

Sementara itu, Kepala Disbudpora Kabupaten Ciamis Erwan Darmawan menjelaskan, tujuan penyelenggaraan seleksi Pemuda Pelopor ini untuk membentuk dan menggelorakan semangat dikalangan muda.

Selanjutnya, dikatakan Erwan, melalui kegiatan ini juga bertujuan untuk menemukan pemuda yang memiliki potensi kepeloporan yang memberikan jalan melalui inovasinya dalam hal pembangunan daerah dan kesejahteraan masyarakat.

“Mudah-mudahan kita bisa menemukan pemuda hebat dan terhebat di Kabupaten Ciamis melalui kegiatan Pemuda Pelopor,” ujarnya.

Ia menerangkan, sasara kegiatan pemuda pelopor Kabupaten Ciamis ini untuk rentang usia 16-30 tahun. Melalui kegiatan karantina nantinya akan dipilih 15 peserta terbaik dari 23 peserta seleksi.

Lebih lanjut, Erwan mengungkapkan, jumlah peserta yang mendaftar sebanyak 48 orang dan lolos seleksi 23 orang, sementara untuk 4 kecamatan diantaranya kecamatan, lumbung purwadadi, sindangkasih dan tambaksari tidak mengirimkan perwakilannya.

“Penilaian pemuda pelopor ditentukan melalui serangkaian kegiatan dan penilaian oleh dewan juri dari perguruan tinggi, OKP, dan dinas terkait,” tuturnya

“Semoga terseleksinya pemuda dengan kepeloporan yang memiliki dampak yang luas bagi masyarakat dan pembangunan daerah, ” tambah Erwan. *Ata

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini