Minggu, Agustus 14, 2022

Tingkatkan Kesadaran Dikdas 9 Tahun, Disdik Ciamis Lounching Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah

HumasCiamis –

Rangkaian Acara Hari Aksara (HAI) Internasional yang diselenggarakan dari 17-19 November 2019 di Islamic Center Ciamis berjalan dengan meriah. Kegiatan yang diinsiasi oleh Dinas pendidikan Ciamis dan peserta hari aksara nasional yang terdiri dari PKBM, LPK, HIMPAUDI dan pegiat literasi se-Kabupaten Ciamis.

Adapun Tujuan HAI secara menyeluruh yaitu sebagai upaya menuntaskan kewajiban pendidikan dasar dan mengentaskan buta aksara (ungkap) Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis H. Tatang pada saat sambutan puncak kegiatan HAI dia Aula Islamic Center Ciamis, Selasa (19/11/2019).

Kegiatan Puncak HAI dihadiri oleh Direktorat Kementrian Kebudayaan diwakili Kasubdit Program dan Evaluas Prof. Cecep Suryana.

Dalam sambutannya Prof Cecep Suryana mengungkapkan, Ciamis telah ikut bekomitmen membangun budaya literasi dibuktikan dengan masuk 5 besar terkecil angka buta aksara masyarakat.

“Harapannya Ciamis bisa mengembangkan dan membangunkan kesadaran masyarakat, baik literasi masyarakst sekolah, dan membangun peradaban dan Sumber Daya Manusia (SDM) yang terbaik untuk masyarakat”. ungkap Prof. Cecep.

Dalam kegiatan ini Bupati Ciamis Dr. H. Herdiat Sunarya ikut hadir memeriahkan acara puncak HAI Kab.Ciamis 2019. Bupati Ciamis mengapresiasi atas kenerja Dinas Pendidikan yang telah menyelenggarakan HAI di Kabupaten Ciamis yang sudah 99.97% capaian pemberantana buta aksaranya. ungkap Herdiat,

“Permasalahan paling utama yaitu rata-rata capaian Dikdas 70,60% dalam wajar dikdas 9 tahun. Semoga kedepannya bisa mencapai lebih bik lagi dalam mengejar presentase dikdas 9 tahun. Sebagai wujud serius pemberantasan bukta aksara, Bupati Ciamis berharap masyarakat juga mampu baca tulis Al-Quran. Diharapakan pendidikan baca tulis al-quran ditanamkan sejak dini”.

Pemerintah telah me-lounching gerakan maghrib mengaji seblumnya. Semoga masyarakat dan stakeholder saling bahu membahu dalam rangka mensukseskan program maghrib mengaji dan membaca al-quran.

Herdiat juga menyampaikan ucapan terimakasih dan apresiasi kepada pegiat pendidikan dam literasi yang sudah responsif terkait kegiatan HAI Kabupaten Ciamis.

Dalam upaya meningkatkan kesadaran Dikdas 9 tahun, Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis mencanangkan Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah yang diresmikan oleh Bupati Ciamis dengan simbolisasi pemukulan Gong yang disaksikan oleh para peserta yang memadati aula Islamic Center. ata – humas.ciamiskab.go.id

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini