Minggu, Agustus 14, 2022

Juara 3 Pemuda Pelopor Nasional, Samsul Zuhri Diapresiasi Pemkab Ciamis

Prokopim Ciamis – Pemuda asal Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat Samsul Zuhri (26) meraih juara ketiga terbaik Pemuda Pelopor Bidang Inovasi Teknologi tingkat Nasional.

Penghargaan ini diumumkan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) saat peringatan Sumpah Pemuda, Kamis (28/10/2021).

Inovasi teknologi yang diusung Samsul yakni terkait mesin perontok padi portable. Dalam mengembangkan mesin perontok itu ia pun mendapat dukungan dan bantuan dari komunitas pemuda Lare Trebis.

Menyambut kemenangan Samsul Zuhri Pengurus Cabang (PC) GP Ciamis menggelar penyambutan yang dikemas dalam acara ‘Apresiasi Pemuda Pelopor: Ansor on The Roll’ di Sekretariat PC NU Kabupaten Ciamis, Sabtu (30/10/2021), malam.

Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra didampingi Kepala Disbudpora Erwan Darmawan, Kepala Dinas Pertanian Slamet Budi Wibowo dan Kepala Dinas KUKMP David Firda turut hadir dalam acara tersebut.

Wabup Yana dalam sambutannya mengatakan, Pemerintah Kabupaten Ciamis mengapresiasi atas prestasi yang diraih Samsul Zuhri pada kompetisi Pemuda Pelopor Nasional.

Ia mengharapkan agar para pemuda di Ciamis bisa meneladani jejak prestasi yang telah diraihnya.

“Pemkab Ciamis sangat mengapresiasi atas prestasi yang diraih oleh salah satu kader GP Ansor Samsul Zuhri sebagai juara 3 pemuda pelopor nasional dalam tingkat level inovasi teknologi, “

“Ini merupakan kebahagiaan bagi masyarakat Ciamis di momentum sumpah pemuda tahun 2021, pemuda asal daerah Ciamis bisa bersaing di tingkat nasional, ” katanya.

Yana mengungkapkan, dirinya mengetahui produk Inovasi perontok padi minimalis buatan Samsul tersebut melalui mediasi GP Ansor Ciamis. Ia mengakui bahwa perontok padi tersebut banyak manfaat dan kelebihannya.

“Setahun sebelumnya melalui mediasi GP Ansor Ciamis hasil karya Samsul ini pernah dikenalkan kepada kami. Melalui Dinas Pertanian kita akan mengalokasikan anggaran, agar alat perontok padi bisa dikembangkan dan dibagikan pada para petani Ciamis, ” ujarnya.

Wabup Ciamis ini pun menyarankan agar segera mematenkan produk yang diciptakannya tersebut.

“Segera patenkan, jangan sampai jerih payah kita diproduksi orang lain, ” imbuhnya.

Terakhir, Yana menyampaikan dihadapan bahwa Pemkab Ciamis siap bermitra dengan GP Ansor.

“Kami siap bermitra dengan GP Ansor Ciamis, mari sama-sama kit amembangun Ciamis lebih baik lagi, ” tuturnya.

Sementara itu, Ketua GP Ansor Ciamis Maulana Sidik mengaku dirinya merasa bangga adanya kader Ansor yang inovatif.

Dirinya pun mengajak para kader GP Ansor Ciamis untuk berkarya dan berinovasi untuk kemajuan daerah.

“Prestasi yang diraih Samsul Zuhri ini menjadi kebanggan GP Ansor Ciamis. Ayo ikuti jejak langkahnya menjadi pemuda yang berinovasi dan memberikan kebermanfaatan,” ucapnya.

Sidik sapaan akrab ketua GP Ansor Ciamis ini pun mengharapkan peran aktif pemerintah dalam memfasilitasi potensi-potensi pemuda di Ciamis.

“Banyak potensi-potensi terbaik di pemuda Ciamis. Permudah mereka melalui kebijakan pemerintah agar akselerasi inovasi dan usahanya bisa lebih meningkat, ” tutupnya.

PROKOPIM CIAMIS
Kepala Bagian Prokopim
Setda Kabupaten Ciamis
Ani Supiani, ST., M.Si,

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini