Minggu, Agustus 14, 2022

Bupati Ciamis Canangkan Gerakan Masyarakat ayo Sekolah


HumasCiamis – Bupati Ciamis, Dr. H. Herdiat Sunarya mencanangkan Gerakan Masyarakat Ayo Sekolah Sejahtera untuk Ciamis tahun 2019. Hal tersebut disampaikan Bupati Ciamis dalam Kegiatan Peringatan Hari Aksara Internasional ke 54 tingkat Kabupaten Ciamis di Islamic Center Ciamis, Selasa, (19/11/2019).

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengatakan, merasa berbahagia dan berbangga hati karena Alhmadulilah pada tahun 2019 ini.

Hari Aksara Iinternasional dapat dilaksanakan di Kabupaten Ciamis yang biasanya hanya diselenggarakan di pusat saja, Tapi saya bahagia dan apresiasi ke Dinas Pendidikan yang telah menyelenggarakan Hari Aksara Internasional di Kabupaten Ciamis,” ujar Bupati.

“Alhamdulilah ini untuk capaian buta aksara sudah mencapai angka 99,97 %, namun demkian kita juga punya permasalahan, permasalahan yang paling utama di angka usia rata-rata sekolah kita baru mencapai 7,60 % dari target wajar dikdas 9 tahun yang telah ditetapkan, mudahah-mudahan dalam tempo 5 tahun kedepan bisa mencapai 9 tahun rata-rata lama sekolah,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan Bupati, “untuk menunjang baca tulis sebetulnya di Kabupaten Ciamis sudah sangat luar biasa denga adanya kelompok-kelompok belajar, kemudian tersedianya sarana dan fasilitas perpustakaan yang hampir di setiap desa sudah ada, di desa, di ruangan, disetiap sudut pusat keramaian kita buatkan taman baca, Ujarnya.

Dihadapan ribuan peserta upacara, Bupati menambahkan “Alhamduliah ini sebagai bukti dan wujud bahwa kita tidak main-main dalam pemberantasan buta aksara, tambah Bupati.

Sementara menurut Cecep Suryana dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengatakan, “Angka buta aksara Jawa Barat dibawah 1 persen, bahkan untuk ciamis hanya 0,06 persen saja,” ujarnya.

“Jadi berbicara buta aksara di Jawa Barat sudah tidak relevan tetapi fokus kepada pengembangkan literasi masyarakat dan mengembangkan budaya baca, ujarnya. *humas.ciamiskab.go.id

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini