Selasa, Juli 5, 2022

Bupati Ciamis Ajak Pengusaha dan Agniya Sama- sama Optimalkan Potensi Zakat

CIAMIS, – Guna mengoptimalkan pengelolaan zakat, infak dan Shadaqoh, Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Ciamis menggelar silaturahmi dengan para pengusaha dan aghnia se Kabupaten Ciamis di Gedung Islamic Centre Ciamis, Senin (13/06/2022).

Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya didampingi Wakil Bupati Ciamis Yana D Putra dan Sekretaris Daerah H. Tatang turut menghadiri acara Temu Pengusaha se Kabupaten Ciamis tersebut.

Dalam sambutannya, Bupati Ciamis mengajak para pengusaha dan aghniya untuk sama-sama mengoptimalkan potensi zakat di Kabupaten Ciamis.

“Sejak tahun 2017 lalu Baznas hanya mengelola 4 Miliar dan setiap tahun naik terus sampai dengan 10 sampai 11 Miliar dan itu baru mencapai 1 % dari total potensi , ” Ucapnya.

Memurutnya, jika Baznas mampu mengelola potensi yang ada maka separuh dari APBD Ciamis pun bisa ditanggulangi oleh Baznas.

Bupati menyebutkan ketimpangan antara miskin dan kaya di masyarakat sangat jauh sekali, terlebih dengan adanya pandemi Covid 19 yang telah berdampak pada segala sektor kehidupan.

“Kebetulan kami dari unsur pemerintah daerah sering meninjau langsung ke lapangan, dan ternyata perekonomian masyarakat benar-benar terpuruk dan butuh uluran tangan kita, ” Ujarnya.

Atas dasar itulah Pemkab Ciamis mengeluarkan Perbup No. 46 Tahun 2021 Tentang Pengelolaan Zakat untuk mengoptimalkan potensi zakat dengan harapan dapat memberikan kesejahteraan bagi masyarakat.

Bupati ini pun mengajak kepada para komisioner Baznas untuk senantiasa menjaga kepercayaan masyarakat.

“Saya mengajak mari kita layani masyarakat dengan sebaik-baiknya dengan sejujurnya dan seadil adilnya, jika semua itu diterapkan maka agniya, pengusaha sudah tentu akan percaya, ” Pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Baznas Ciamis Lili Miftah mengatakan, kegiatan temu pengusaha ini merupakan salah satu upaya Baznas untuk meningkatkan dana yang dikelola pihak Baznas demi kesejahteraan umat.

“jika zakat infak maupun sodaqoh para pengusaha dapat dikelola langsung oleh Baznas maka penerimaanya akan semakin luas, dan akan lebih meningkatkan kesejahteraan bagi masyarakat, ”

Sumber Prokopim Ciamis

stdcmz
stdcmzhttp://setda.ciamiskab.go.id
Satuan Tim Divisi Cyber Milenial Zone. Forkopimda & Sekretariat Daerah Kab Ciamis.
Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terkini