UPACARA PERINGATAN HARI AMAL BAKTI KEMENTERIAN AGAMA RI KE – 72

Rabu (03/01) bertempat di Taman Raflesia Ciamis, Bupati Ciamis H. Iing Syam Arifin menghadiri upacara peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama RI ke – 72 tahun 2017 dan  dihadiri oleh Wakil Bupati Ciamis H. Oih Burhanudin, unsur forum koordinasi pimpinan daerah, Sekretaris Daerah beserta kepala SKPD, Ketua   tim    penggerak   PKK,   Dharma    Wanita Persatuan, serta GOW Kabupaten Ciamis, para pimpinan dan anggota organisasi kepemudaan dan organisasi kemasyarakatan,  para sesepuh, tokoh  masyarakat, tokoh pemuda dan wanita, serta hadirin tamu undangan dan peserta upacara.

Dalam sambutannya Bupati Ciamis menyampaikan “kementerian agama hadir untuk mengatur, membimbing, melayani serta melindungi semua pemeluk agama di dalam negara kesatuan Republik Indonesia. pelaksanaan tugas dan fungsi Kementerian Agama menyertai denyut nadi kebangsaan kita. Melihat amat pentingnya tugas itu, maka pada setiap diri aparatur kementerian agama melekat beberapa misi yang saling terkait. Misi itu antara lain mengayomi bangsa dengan bimbingan kehidupan beragama yang berkualitas, melebarkan akses pendidikan agama dan keagamaan yang bermutu, memberikan pelayanan keagamaan sesuai kebutuhan, serta menjaga kerukunan hidup antar umat beragama. Tugas itu semakin berat tantangannya karena kita menghadapi zaman yang cepat berubah. kita berada dalam lingkup masyarakat lebih luas yang meliputi warga global hingga generasi digital. tuntutan publik terhadap kita semakin tinggi, terbuka, dan spontan. diperlukan sikap yang tepat dan cerdas dalam merespon tuntutan masyarakat”.

Masih dalam sambutannya Bupati Ciamis menyinggung tema apel tersebut “Tebarkan Kedamaian” hal itu pula yang dianggap penting karena pada hakikatnya agama berfungsi menyemai kebaikan dan menebar kedamaian. kedamaian adalah pesan universal semua agama kepada umat manusia. kedamaian akan membawa kebahagiaan. kedamaian adalah jalan menuju kesejahteraan dan kemajuan. kedamaian merupakan pintu maslahat bersama. dan, hanya dengan hati yang damai, sanubari kita bisa merasakan kasih sayang tuhan yang hakiki. karena itu, saya mengajak seluruh PNS lingkup pemerintah Kabupaten Ciamis dan semua komponen umat beragama agar bersama-sama menjadi duta penebar kedamaian. Marilah kita buktikan bahwa agama sesungguhnya membawa angin kesejukan yang menenteramkan. dalam damai akan tercipta negeri yang tenteram dan sejahtera.

Diakhir sambutannya Bupati Ciamis selanjutnya berpesan kepada seluruhnya marilah memaknai bekerja sebagai ibadah, bekerja melayani masyarakat adalah sebuah kehormatan. mari menjalankan pengabdian dengan sikap amanah dan keikhlasan, dan jangan sekali-kali mempermainkan jabatan. Sebagai hamba tuhan dan aparatur negara, kita semua menyadari bahwa panggilan terbesar tentu adalah panggilan tuhan. maka yakinilah bahwa panggilan tugas melayani sesama, melayani masyarakat sesuai dengan fungsi dan tanggung jawab kita masing-masing hakikatnya adalah penjelmaan dan manifestasi dari panggilan tuhan.(DC)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *