Bakti IBI Tingkat Kabupaten tahun 2018

Tepatnya pada hari Senin (08/05) bertempat di Aula PKK Kabupaten Ciamis telah dilaksanakan Rakerda Program Keluarga Berencana dan Pemberdayaan Perempuan serta Pencanangan Bakti IBI Tingkat Kab. Ciamis Thn 2018, yang dihadiri oleh Pjs. Bupati Ciamis Ir. Dedy Mulyadi, Dandim 0613/Ciamis Letkol Arm Reza Nur Patria, SE, M.Si (Han), perwakilan Kepala Pengadilan Negeri Ciamis, perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Jabar Drs. Sukaryo Teguh Santosa M.Pd, Perwakilan Kejaksaan Negeri Kabupaten Ciamis, Kepala DPPKBPP dan Perlindungan Anak Drs. H. Dondon Rudiana M.Si, perwakilan Kapolres Ciamis AKP Iis, Anggota Ikatan Bidan Indonesia (IBI) Kabupaten Ciamis, Unsur SKPD Kabupaten Ciamis, Camat dan Kepala Desa se Kabupaten Ciamis serta tamu undangan.

              Dalam laporannya  Kepala DPPKBPP dan Perlindungan Anak menyampaikan rapat kerja ini merupakan tindak lanjut dari surat BPKBN Provinsi yang bertujuan untuk penguatan komitmen kinerja anggota KB untuk memajukan Kapung KB di Kabupaten Ciamis untuk meningkatkan kualitas masyarakat di Kabupaten Ciamis dengan sub tema “Penguatan program intregasi kampung KB dan Bakti IBI dalam mewujudkan kualitas sumberdaya manusia Tatar Galuh maju dan sejahtra” Kampung KB yang ada di seluruh kecamatan yaitu sebanyak 27 kecamatan. kampung KB di wilayah Ciamis sebagai contoh bagi daerah lainnya yang telah diakui oleh pemerintah pusat. Program kami yang diselenggarakan mendapat apresiasi oleh pemerintah pusat dan menjadikan bentuk keberhasilan Kabupaten Ciamis, Atas sinergitas kami dengan Kodim, kami menjadi juara ke 2 di tingkat Kodam pada tahun 2017.

            Begitu juga dalam Sambutan perwakilan Kepala BKKBN Provinsi Jabar Drs. Sukaryo Teguh Santosa M.Pd menyampaikan RAKERDA ini tidak bisa dipisahkan dengan KB Jawa Barat karena sudah menjadi satu kesatuan selama satu tahun kebelakang. Angka kelahiran menurun karena meningkatnya penggunaan alat kontrasepsi dan wanita yang menikah rata rata pada umur 20 tahun. Potret program Ciamis sudah masuk program ideal. BKKBN Jawa Barat memberikan apresiasi atas keberhasilan program KB di Kabupaten Ciamis. Untuk melahirkan bayi yang berkualitas dibutuhkan pasokan makanan yang bergizi dan sehat. Yang meningkatkan populasi penduduk karena pergaulan sex bebas dan Narkoba. Manfaat program KB untuk merancang kesehatan ibu dan anak tutupnya.

       Masih dalam acara tersebut sambutan Pjs. Bupati Ciamis Ir Dedy Mulyadi menyampaikan bahwa program KB diharapkan dapat bisa ditingkatkan karena hal ini hanya dengan pengendalian penduduk bisa menjalankan pembagunan daerah dengan maksimal dan pelaksanaan program untuk terus dijalankan. Pengelolaan kampung KB sudah ada 29 kampung KB di 27 kecamatan se Kabupaten Ciamis, sehingga program ini supaya terus berkoordinasi dengan Intansi terkait . Kegiatan ini harus dijadikan sebagai bahan evaluasi dan bahasan pelaksanaan progam KB dan Pemberdayaan Perempuan selama tahun 2017 serta Informaai kegiatan  oprasional pada tahun 2018. Diakhir sambutannya PJS Bupati Ciamis berharap pada momen ini supaya menjadikan kita terus melaksanakan program KB demi menjaga kesehatan Ibu dan Anak tutupnya”DC”

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *