UPACARA HARI PENDIDIKAN NASIONAL DAN HARI OTONOMI DAERAH KE-22 TAHUN 2018 TINGKAT KABUPATEN CIAMIS DIGELAR DI TAMAN LOKASANA  

 

UPACARA HARI PENDIDIKAN NASIONAL DAN HARI OTONOMI DAERAH KE-22 TAHUN 2018 TINGKAT KABUPATEN CIAMIS DIGELAR DI TAMAN LOKASANA

 

 Taman Lokasana Ciamis, Rabu (2/5) dipadati sejumlah pelajar, organisasi kemasyarakatan dan para pejabat ASN, DPRD, TNI, POLRI, Kejaksaan Negeri Ciamis, BNN Ciamis, Sekda Kabupaten Ciamis,  Ka lapas Ciamis serta undangan lainnya. Kegiatan pagi ini digelar untuk memperingati Hari Pendidikan  Nasional dan Hari Otonomi Daerah Ke-22 Tahun 2018 tingkat Kabupaten Ciamis. bertindak selaku Inspektur Upacara adalah Pjs. Bupati Ciamis Ir. H. Deddi Mulyadi, upacara dimulai tepat pukul 08.30 WIB. Bertindak selaku Komandan Upacara AKP. Sugianto Kasat Sabhara dari POLRES Ciamis.

                     Mengawali upacara dilaksanakan pengibaran Bendera Kebangsaan Sang Merah Putih oleh Paskibraka Kabupaten Ciamis. Dalam sambutannya, Pjs. Bupati Ciamis menyenggung tema peringatan Hardiknas Tahun 2018 yaitu “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Tema tersebut mengajak kita untuk merenungkan momentum Peringatan Hari Pendidikan Nasional tahun 2018 sebagai momentum yang menandai hubungan yang erat antara pendidikan dan kebudayaan, sebagaimana tercermin dalam ajaran, pemikiran dan praktik yang dilakukan oleh ki Hajar Dewantara”. Dalam sambutannya Pjs. Bupati juga menyampaikan bahwa, “Peringatan kali ini kita jadikan untuk melakukank muhasabah atau refleksi terhadap usaha yang telah diperjuangkan di bidang pendidikan yang dalam waktu yang bersamaan kita menerawang ke depan membuat proyeksi tentang pendidikan nasional yang kita cita-citakan”. Dalam Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 2008  BAB I ayat (1) dan (2) disebutkan bahwa pendidikan nasional adalah pendidikan yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945, sedangkan kebudayaan nasional merupakan akar pendidikan nasional. Disinlah terdapat titik temu antara pendidikan dan kebudayaan. Masih dalam sambutannya Pjs. Bupati Ciamis berkomitmen untuk terus berikhtiar membangun dunia pendidikan. Pendidikan yang dihidupi dan disinari oleh kebudayaan nasional. Kita yakin bahwa kebudayaan yang maju akan membuat pendidikan kita kuat. Begitu pulalah sebaliknya, jika pendidikan kita subur dan rindang, maka akar kebudayaan akan lebih menghujam kian dalam di tanah tumpah darah Indonesia. Menyoal peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 tahun 2018, Pjs. Bupati Ciamis dalam sambutannya mengingatkan untuk lebih meningkatkan penyelenggaraan Otonomi Derah dengan bersih dan demokratis. Berkaitan dengan itu, peringatan Hari Otonomi Daerah ke-22 Tahun 2018 ini mengusung tema “Mewujudkan nawa cita melalui Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang Bersih dan Demokratis”. Penyelenggaraan Otonomi Daerah yang bersih dan demokratis bermakna bahwa pelaksanaan otonomi daerah harus menjadikan transparansi dan partisipasi publik sebagai dasar dan tolok ukur utama dalam setiap pengambilan kebijakan, sehingga apapun kebijakan itu dapat dipertanggungjawabkan kepada masyarakat. juga didasarkan atas aspek kelembagaan, bukan atas kehendak seseorang atau kelompok tertentu sehingga dalam setiap pelaksanaannya Otonomi Daerah taat pada prinsip bahwa semua warga negara memiliki hak yang sama dimata hukum.

Dalam kesempatan tersebut Pjs. Bupati Ciamis juga menyinggung pelaksanaan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan atau disingkat dengan GISA. Pjs. Bupati lebih jauh menjelaskan bahwa GISA pada dasarnya diarahkan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju pada masyarakat yang tertib pemerintahan yang efektif dan efisien serta negara yang memiliki daya saing. GISA aterdiri dari 4 program, yaitu: 1. Program sadar kepemilikakn dokumen kependudukan; 2. Program sadar pemutakhiran data kependudukan; 3. Program sadar pemanfaatan dara kependudukan sebagai saatu-satunya dara yang dipergunakan untuk semua kepentingan; dan 4. Program sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang bahagia, demikian Pjs. Bupati Ciamis mengakhiri sambutannya.

Diakhir upacara diacarakan pula penyerahan piala, piagam penghargaan siswa/siswi dan insan pendidikan yang berprestasi yang diserahkan oleh Pjs. Bupati dan unsur Forkopimda lainnya dan “Pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) ditandai dengan pelepasan Balon oleh Pjs. Bupati dan Forkopimda Kabupaten Ciamis.

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *