HUT SATUAN POLISI PAMONG PRAJA KE-68, HUT PERLINDUNGAN MASYARAKAT (LINMAS) KE-56, HUT PEMADAM KEBAKARAN KE-99, HARI AIR SEDUNIA, DAN HARI BUMI KE-47 TINGKAT KABUPATEN CIAMIS TAHUN 2018

Senin (02/04) Pjs. Bupati Ciamis menghadiri upacara peringatan hari ulang tahun (HUT) satuan Polisi Pamong Praja ke-68, HUT perlindungan masyarakat (Linmas) ke-56, HUT pemadam kebakaran ke-99, hari air sedunia, dan hari bumi ke-47 tingkat Kabupaten Ciamis tahun 2018 di Taman Lokasana yang dihadiri oleh Sekteraris Daerah Drs. H Asep Sudarman, M.Pd, Anggota DPRD Kabupaten Ciamis, Unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), para Pejabat TNI dan Polri, Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Ciamis,  Pimpinan dan Anggota  Organisasi perempuan , Tokoh masyarakat, sesepuh , Alim Ulama dan Tokoh Pemuda, Tamu undangan dan peserta upacara  .

  Dalam memberikan samutannya Pjs. Bupati Ciamis yang sekaligus menjadi Inspektur Upacara menyampaikan “sebagai perangkat daerah, Satpol PP dan Satlinmas, akan ikut terlibat langsung mengawal pesta demokrasi, terutama pilkada. dalam hal ini tugas dan fungsi Satpol PP dan Satlinmas adalah memastikan ketertiban dan keamanan masyarakat tetap terjaga, karena mempunyai tugas pokok antara lain, membantu menjaga ketenteraman penyelenggaraan pemilu dan pilkada baik sebelum, atau pada saat pemungutan maupun setelah pelaksanaan pemilihan”. tugas lainnya, juga membantu dalam konteks tugas sosial. di tahun politik ini, dinamika politik akan meningkat, potensi gangguan keamanan juga akan ikut menguat. maka dari itu, satpol pp dan satlinmas lebih meningkatkan upaya deteksi dininya. sehingga  potensi gangguan ketertiban umum dan ketentraman masyarakat bisa diantisipasi. dengan begitu, masyarakat akan merasa terlindungi. Kepada seluruh jajaran Satuan Polisi Pamong Praja untuk selalu bangga dan menjunjung tinggi kehormatan Satuan Polisi Pamong Praja sebagai bentuk pengabdian kepada bangsa dan negara, memberikan pelayanan yang cepat dan tepat atas ancaman, gangguan halangan, dan tantangan terkait ketentraman dan ketertiban umum yang terjadi di masyarakat, serta tingkatkan lah jejaring kerja baik dengan sesama Satuan Polisi Pamong Praja maupun unsur-unsur lain yang mendukung tugas dan fungsi di lapangan.

Sejalan dengan tema HUT Satpol PP dan Satlinmas, peringatan HUT Pemadam Kebakaran ke-99 tahun 2018, mengambil tema ”Optimalisasi peran Pemadam Kebakaran dalam menghadirkan perlindungan masyarakat menyongsong pilkada serentak tahun 2018, tugas pemadam kebakaran bertambah dengan adanya pilkada serentak bahkan memiliki tugas tambahan menghadirkan perlindungan masyarakat, mewujudkan suasana teduh dalam masyarakat, serta tetap siaga melindungi dan mengamankan objek vital Pemerintahan dan masyarakat.

 

Upacara HUT Damkar tidak hanya mengenang peristiwa 1919, dimana masyarakat Batavia memberikan penghargaan prasasti atas perjuangan blangwir dalam memadamkan kebakaran besar di Jatinegara, tapi juga upaya untuk lebih meningkatkan komitmen memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat. Juga memperkokoh kesatuan bangsa, serta mewujudkan perlindungan masyarakat dari ancaman dan dampak ikut kejadian kebakaran, dan bentuk implementasi hadirnya negara dalam perlindungan masyarakat. Ini sesuai dengan amanat nawacita yang pertama yaitu menghadirkan kembali negara untuk melindungi segenap bangsa dan memberikan rasa aman.

 

Setiap tahunnya kita peringati pula hari air sedunia yang jatuh pada tanggal 22 Maret, pada hari air sedunia terdapat tema khusus, dan tema untuk tahun ini adalah manfaatkan alam untuk kelestarian air”. Melalui tema tahun ini, kita diajak untuk berpikir tentang bagaimana solusi berbasis alam untuk mengatasi tantangan air yang kita hadapi hari ini di abad ke-21. Sederhananya adalah kita diminta untuk menumbuhkan pohon agar hutan kembali hijau, mengurangi banjir, menciptakan sungai dan ladang yang kaya dengan tanah subur dan memulihkan elemen alam lainnya dari lingkungan yang telah rusak, dengan cara membantu dalam memurnikan air sudah terkena polusi. Hingga hari ini ada 2,1 miliar orang yang hidup tanpa air minum yang bersih dan aman di rumah mereka, yang mana mempengaruhi kesehatan, pendidikan dan mata pencaharian mereka. Tujuan pembangunan berkelanjutan ini memiliki 6 komitmen dunia untuk memastikan bahwa setiap orang memiliki akses ke air bersih pada tahun 2030, dan termasuk target untuk melindungi lingkungan alam dan mengurangi polusi.

Dalam akhir sambutannya Pjs. Bupati Ciamis menghimbau kepada semua masyarakat terkait dengan peringatan hari Bumi“agar kita berprilaku lebih bijak sayangi bumi ini sebagai satu-satunya planet yang bisa kita tempati, taati peraturan yang telah pemerintah terbitkan, sehingga perkembangan dan pembangunan di berbagai sektor tetap bisa menjaga keberlangsungan bumi dan lingkungannya dengan begitu cita-cita mewujudkan Kabupaten Ciamis sebagai kota masa depan yang berkelanjutan dan ramah bagi manusia dapat kita capai” ucapnya.        (DC)

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *