SAKIP Kabupaten Ciamis Raih Predikat B

Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis mewakili Bupati Ciamis menerima Piagam Evaluasi SAKIP dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi di Kota Batam Prov. Kepri

Pemerintah Kabupaten Ciamis mendapatkan predikat B atas capaian Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah.

Penyerahan penghargaan ini diberikan langsung oleh Menteri PAN-RB DR. Asman Abnur kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Ciamis pada Acara Penyerahan Hasil Evaluasi SAKIP Wilayah I di Kota Batam pada tanggal 25 Januari 2018.

Dalam Sambutannya, Menteri PAN-RB menyatakan bahwa penyerahan evaluasi akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dilakukan dalam rangka memberikan gambaran sejauh mana instansi pemerintah dalam mempertanggungjawabkan kinerja atau hasil dari penggunaan anggaran.

Usai menerima penghargaan, Sekda menyampaikan terima kasih dan mengaku bangga atas Predikat B yang dicapai Pemkab Ciamis pada tahun ini. “Kami sangat berterima kasih kepada semua jajaran SKPD dan seluruh pihak yang terkait yang membantu kami dalam meningkatkan kualitas capaian kinerja, sehingga tahun ini kami memperoleh Predikat B karena tahun sebelumnya kita hanya mendapat predikat CC. Predikat B ini berarti ada upaya peningkatan atas Sistem Akuntabilitas Kinerja di Lingkungan Pemkab Ciamis.

Diungkapkan serupa oleh Bupati, Pemkab Ciamis telah berupaya maksimal untuk membangun sistem manajemen kinerja yang andal. Seluruh aspek dokumentatif telah terpenuhi, kualitas indikator kinerja telah berorientasi pada hasil (outcome) dan Pimpinan SKPD sudah mulai menunjukkan keterlibatan langsung dalam proses manajemen kinerja. “Prestasi ini sangat berguna bagi perbaikan kedepan”, tuturnya.

Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) adalah salah satu bentuk pertanggungjawaban penyelenggara pemerintahan dalam melaksanakan tugas pokok dan fungsinya. SAKIP merupakan penerapan manajemen kinerja pada sektor publik yang sejalan dan konsisten dengan penerapan Reformasi Birokrasi, yang berorientasi pada pencapaian outcomes dan upaya untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.(RAS16)

 

 

 

Add a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *